Pengalaman Diterima Google Adsense, Ternyata ini Syaratnya!

maukasinfo.com - Apabila kamu sudah memutuskan untuk menulis diblog dan ingin menghasilkan uang maka Google Adsense adalah pilihan yang tepat. Sebenarnya ini adalah pengalaman saya sendiri mengajukan beberapa blog hingga diterima sepenuhnya oleh google adsense, ini syaratnya.

Pengalaman Diterima Google Adsense

Saya banyak sekali melakukan uji coba atau eksperimen dalam pengajuan blog ke Google Adsense, dari beberapa blog yang diterima pasti kalian sudah tau dan merasakan berapa kali penolakan yang saya alami.

Betul banget, sudah belasan bahkan puluhan kali. Tapi dari penolakan itu saya banyak sekali belajar dan mempelajari setiap polanya kenapa pengajuan blog yang saya ajukan selalu ditolak. 

Pengalaman Diterima Google Adsense, Ternyata ini Syaratnya!

Setiap pengajuan pasti kamu mendapatkan banyak sekali pesan penolakan, mulai dari penolakan A B C D E F G sampai Z. Nah dari pengalaman itu saya ingin berbagi supaya kamu juga bisa diterima google adsense tanpa harus mengalami hal serupa seperti saya. 

Tips dan Syarat Diterima Google Adsense

Setiap blogger atau publisher Google Adsense pasti penasaran bagaimana sih tips dan syarat apa saja yang harus dipersiapkan agar pengajuan blog bisa diterima sepenuhnya. Dari pengalaman yang sudah saya alami sendiri, saya merangkumnya menjadi 11 faktor penting yang harus kamu pertimbangkan sebelum mengajukan permohonan ke Adsense untuk blog.

1. Gunakan Domain Tingkat Atas

Pertama kali saya mengajukan blog ke Google Adsense yaitu menggunakan domain .blogspot.com. Pada saat itu saya harus menunggu waktu kurang lebih 6-9 bulan untuk bisa mengajukan blog ke Google Adsense, karena ini adalah syarat khusus dari Google untuk Publisher yang masih menggunakan domain bawaan / gratisan.

Sampai pada akhirnya saya diterima adsense 2 tahun setelah pengajuan itu, lama banget yah! Nah saya sarankan dari awal membuat blog kamu sudah menggunakan domain tingkat atas seperti .com, .net, .co, .org, dan lain sebagainya. 

Jadi kamu tidak perlu menunggu waktu selama itu, kalau memang blog kamu sudah siap untuk diajukan langsung ajukan saja.

2. Gunakan Template Blog Dengan Navigasi yang Benar

Untuk mengajukan blog ke Google Adsense, pastikan kamu menggunakan template yang baik dan navigasi yang tidak menyesatkan. Minimal pada tab menu kamu menampilkan halaman utama, tentang blog, kontak, kategori artikel, dan topik khusus.

Pastikan pula setiap menu itu mengarah ke halaman yang dimaksud, jadi bukan menu yang tidak bisa di klik atau tautan link afiliasi keluar blog. 

3. Buat Minimal 7-10 Artikel

Sebenarnya semakin banyak artikel yang kamu buat didalam sebuah blog, maka akan semakin lebih baik. Tapi pastikan artikel yang kamu tulis unik dan belum pernah dipublikasikan di blog manapun. Apalagi Adsense sekarang ini Google mengedepankan artikel yang bisa memberikan manfaat kepada pembaca. 

Saya pernah mengajukan blog ke google adsense dengan 5-6 artikel, tapi memang lalulintas blog tersebut bagus dan traffik blognya juga lumayan. Jadi pastikan apa yang kamu sediakan itu selaras dengan kualitas blog kamu. 

4. Minimal Usia Blog 1-2 Bulan

Apabila kamu ingin mengajukan blog ke Google Adsense, pastikan usia blog minimal 1-2 bulan dengan aktivitas yang baik setiap harinya. Jadi bukan berarti selama 2 bulan itu tidak ada kehidupan didalam blog kamu.

Minimal setidaknya ada 50-100 kunjungan organik setiap harinya, sehingga Google akan melihat blog kamu memang aktif dan sering dikunjungi oleh orang lain.

5. Artikel Unik, Relevan, dan Bermanfaat

Saya sendiri memang tidak terlalu baik dalam menulis artikel, masih banyak kata-kata yang harus diperbaiki. Tapi bukan berarti kamu berhenti untuk menulis, yang penting ditulis aja dan pastikan apa yang kamu tulis unik, relevan, dan bermanfaat untuk pembaca blog kamu.

Kalau memang dirasa kurang baik bisa belajar membaca buku, blogwalking, atau mengikuti pelatihan khusus dalam menulis artikel di blog atau media digital. 

6. Blog Punya Traffik Organik

Selain saling blogwalking, pastikan blog memiliki traffik organik dari pencarian di Google. Oleh karena itulah blog kamu harus bisa muncul di pencarian google, agar bisa ditemukan oleh orang. 

Kamu bisa belajar bagaimana menetapkan kata kunci yang tepat dalam sebuah artikel atau mengikuti pelatihan khusus SEO secara online. Dari situ kamu akan banyak belajar bagaimana mendatangkan pengunjung ke blog dari pencarian di Google.

7. Tentukan Target Pengunjung Blog

Sebelum menulis artikel, kamu harus menentukan terlebih dahulu siapa yang akan membaca blog kamu. Apakah orang tua, anak-anak muda, bahkan anak-anak. 

Karena tidak semua artikel cocok untuk setiap orang. Maka dari itu apabila kamu sudah menentukan siapa target pembacanya, kamu bisa lebih konsisten dalam menulis artikel diblog.

8. Pilih Bahasa yang Ingin Digunakan

Pastikan bahasa yang kamu pilih ialah bahasa yang kamu kuasai, jangan sampai karena kamu ingin mengejar penghasilan yang lebih besar kamu menggunakan bahasa yang tidak biasa kamu gunakan. Alhasil artikel yang kamu buat jadi tidak enak dibaca dan tidak nyambung.

Kalau artikel kamu sudah membuat pengunjung tidak nyaman, maka mereka akan lebih cepat pergi dan tidak akan kembali ke blog kamu. 

9. Pastikan Artikel Terindeks di Google Pencarian

Percuma kamu menulis banyak artikel kalau apa yang kamu tulis tidak bisa ditemukan oleh orang lain, maka dari itu artikel yang kamu tulis harus terindeks di Google Pencarian.

Agar saat orang mencari sesuatu di Internet, blog kamu bisa muncul paling atas.

10. Gunakan Gambar Berkualitas Tinggi dan Bebas Hak Cipta

Apabila kamu menggunakan gambar didalam artikel, pastikan gambar tersebut memiliki kualitas yang baik dan tentu bebas dari segala hak cipta apapun. Oleh karena itulah alangkah lebih baik menggunakan gambar milik kamu sendiri, atau bisa download di situs web yang menyediakan gambar secara gratis.

Ada banyak situs yang menyediakan gambar gratis yang bisa kamu pilih seperti unsplash, pexels, istocks, dan lain sebagainya.

11. Tentukan 1 Topik untuk 1 Blog

Dari beberapa blog yang pernah saya ajukan, memang yang lebih cepat diterima ialah blog dengan topik tunggal alias cuma ada satu topik didalam blog tersebut. Hal ini juga bisa menjadi referensi orang lain, karena topik yang kamu bahas sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. 

Nah gimana, apakah kamu sudah ada gambaran tentang blog kamu untuk pengajuan blog ke Google Adsense? Apabila kamu mengikuti ke-11 langkah ini saya pastikan blog kamu pasti akan diterima sepenuhnya oleh Google.

Saya aja 1 akun adsense bisa ada 7-12 website berbeda yang sudah diterima adsense. Kamu bisa menambahkan hingga 100  blog untuk 1 akun adsensenya. Gak kebayang kalau ada 100 blog dalam 1 akun adsense haha. 

Selamat mencoba!

2 Komentar

  1. Giliran sudah diterima AdSense, sekarang sudah PO nya. Gak bisa pamer setiap tgl 23 kaya suhu-suhu diluar sana... Tips mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak usah pamer, cukup nikmati dan bersyukur dengan apa yang didapat. Untung-untung setiap bulannya bisa pay out dari adsense.

      Kadang kalau pamer malah bikin orang lain tidak nyaman, karena ada begitu banyak hal yang mungkin tidak seberuntung kita (diterima adsense dan iklan tayang di blog). Masih banyak orang diluar sana yang masih berjuang untuk bisa diterima google adsense.

      Jadi yaa mungkin lebih ke balajar aja bagaimana setiap bulannya bisa mendapatkan yang lebih besar lagi dari bulan-bulan sebelumnya.

      Manfaatkan saja tab eksperimen di adsense, disana bisa melihat iklan mana yang potensi untuk artikel yang mana. Jadi kedepannya bisa menulis artikel yang memang cuannya gede.

      Hapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama