Halaman yang Wajib Ada saat Pengajuan Blog ke Google Adsense

maukasinfo.com - Dari awal saya menulis blog hingga saat ini, banyak hal yang saya temukan khususnya saat mengajukan pendaftaran blog baru ke Google Adsense. 

Salah satunya ialah Halaman yang wajib ada saat pengajuan blog ke Google Adsense.

Bagi saya dengan dibuatnya halaman tersebut bukan tidak memiliki alasan, ada beberapa faktor pendukung agar blog yang kamu ajukan bisa diterima lebih cepat tanpa penolakan sedikitpun. 

Halaman yang Wajib ada saat Pengajuan Blog ke Google Adsense

Saya sendiri sudah mendaftarkan lebih dari 20 blog baru dalam 1 tahun terakhir, hampir semua blog yang saya ajukan diterima dan blog siap untuk menampilkan iklan Adsense. 

1. About

Di blog maukasinfo.com ini saya membuat About page untuk mendeskripsikan apa saja yang saya bahas di blog ini dan siapa penulis dibaliknya. 

Saya membuatnya tidak terlalu detail, yang penting jelas apa yang ingin dibahas, profil admin, dan darimana penulis berasal. 

Dengan adanya halaman ini, Google akan melihat bahwa blog yang dikelola memiliki penulis yang jelas asal-usulnya, serta pembahasan yang ada diblog ini juga bisa diketahui secara langsung oleh pengunjung. 

2. Contact

Halaman Kontak dalam sebuah blog memiliki peran yang sangat penting, dengan adanya halaman ini pengunjung dapat dengan mudah menghubungi penulis blog melalui kontak yang dicantumkan di halaman tersebut.

Sebenarnya tidak ada ketentuan khusus isi yang ada di halaman kontak ini, kamu boleh mencantumkan email aktif yang kamu gunakan saat ini atau membuat sebuah form yang dapat diisi oleh pengunjung. 

... atau kamu juga bisa mencantumkan media sosial yang kamu gunakan, agar pengunjung dapat lebih mudah mengikuti perkembangan blog kamu apabila ada pembaharuan artikel terbaru. 

3. Disclaimer

Saat pertama kali menulis, saya sangat ingat betul apa yang pernah terjadi pada kehidupan saya. Pada saat itu saya terkena klaim hak cipta dari seseorang karena aaya menggunakan gambar yang mereka miliki di blog yang saya kelola. 

Dari kejadian itu saya inisiatif untuk membuat Disclaimer atau penolakan terhadap sesuatu. Di halaman ini berisi hal-hal apa yang harus dilakukan apabila ada seseorang yang mengaku-ngaku atau melakukan klaim terhadap sesuatu yang kamu publikasikan diblog.

Untuk isi dari disclaimer ini kamu bisa mengikuti apa yang saya tulis dihalaman itu atau juga kamu bisa lakukan copy paste pada laman Google DMCA.

4. Privacy policy

Halaman Privacy Policy merupakan sesuatu yang sangat penting dan harus ada, Karena saat kamu mengajukan blog ke Google Adsense kamu wajib memasukkan halaman ini ke form yang diminta, salah satunya ialah kebijakan GDPR di beberapa negara.

Privacy Policy adalah halaman kebijakan privasi yang diterapkan diblog terkait apa saja yang dikumpulkan dan bagaimana pemilik blog menggunakannya. Halaman ini wajib diketahui oleh pengunjung, karena berkaitan dengan privasi mereka/

Di blog maukasinfo.com hanya menggunakan cookies dan GA4 saja, selebihnya tidak ada. Apabila blog kamu sudah diterima google adsense kamu bisa menambahkan kebijakan adsense didalamnya. 

***

Nah itulah beberapa halaman yang wajib ada saat pengajuan blog ke Google Adsense, diantaranya Halaman Tentang Kami (About), kontak (Contact), Penolakan (Disclaimer)< dan Kebijakan Privasi (Privacy Policy). 

Kamu bingung bagaimana membuat artikel di blog untuk pengajuan ke Google Adsense, simak tipsnya Cara Membuat Artikel di Blog untuk Daftar Google Adsense

Apabila kamu tidak ingin susah-susah menuliskan laman-laman diatas, di Google sudah banyak generator yang siap untuk membuat isi dari laman yang disebutkan diatas. Nah kamu bisa menggunakannya dan biasanya dominan menggunakan bahasa inggris.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

63 Komentar

  1. Wah ternyata keempat halaman itu mengambil peran yang sangat penting yaa untuk pengajuan blog baru ke Google Adsense. Pantas saja dari setiap blog yang saya kunjungi, halaman ini pasti selalu ada dari masing-masing pemilik blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, kalau halaman tersebut sudah dibuat di blog tinggal tingkatkan kualitas konten aja supaya menarik untuk pengunjung.

      Hapus
  2. Baru tau banget kalau keempat hal ini itu penting banget buat pengajuan blog ke google adsense, saya pikir cukup menulis artikel saja lalu lakukan pengajuan ke google adsense. Coba deh nanti saya buat dulu dan lakukan pengajuan lagi supaya tidak ditolak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, saya setiap ada halaman itu adsense bisa cepet diterima oleh tim google adsense. Tapi selain melampirkan halaman diatas juga kualitas konten harus tetap terjaga.

      Hapus
  3. Kalau saya tinggal menunggu acc dari Google Adsense aja, karena saya sudah membuat keempat halaman tersebut dan saya yakin bakal di acc di pengajuan yang pertama ini. Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh mantappp ditunggu kabar baiknya ya bang!

      Hapus
  4. Oalah jadi ini yang abang bilang kemaren, okedeh nanti coba ade bikin dulu halaman-halaman yang disebutkan diatas. Semoga blog ade bisa diterima sepenuhnya sama adsense dan bisa menghasilkan seperti blog yang abang punya.. Mantap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuppss, yuk kak mulai nulis di blog dan raih penghasilan tambahan dari google adsense

      Hapus
  5. oalah pantes xD halaman 3 dan 4 itu aku belum ada :)) dulu sempet buat, tapi kok kya nya kurang pas jadi aku archieve ga aku publish2 lagi, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh sayang banget yaa, kalau untuk pengajuan yang ke-4 itu wajib ada tuh

      Hapus
  6. Sempet kepikiran buat daftarin blog saya yang satu lagi, tuk pengajuan adsense. makasih tuk remindernya kak Andrie

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah
    Punya saya sudah ada semuanya. Terimakasih sudah berbagi ilmu. Makin keren.

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah, blog saya punya sudah dilengkapi empat halaman tersebut. Selain jadi syarat AdSense, lebih agar terlihat profesional dan jelas saja aturan mainnya di blog saya. Halaman About/Contact juga memudahkan pengunjung untuk menghubungi saya jika ada keperluan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh mantep nih tinggal raih penghasilan dari adsense sebesar besarnya yaaa

      Hapus
  9. Ternyata diterima atau belumnya di google ads tuh ada kriteria yang kudu dicermati saat memiliki sebuah website ya..
    Informasi yang baru aku tau banget. Karena selama ini pages yang disebutkan di atas aku dapatkan saat memasang template. Jadi kudu diisi bagian ini dan ini, yang semula aku pikir agar memudahkan pembaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya disetiap penolakan juga diberitau kenapa blog ditolak oleh google adsense, nah hal itu juga bisa jadi pertimbangan yang harus diperbaiki agar bisa diterima lebih cepat dari biasanya..

      Hapus
  10. mengajukan google adsense ini kadang bikin gemes ya mas karena kadang ditolak. saya dulu sempat 4 kali mengajukan baru diterima. pas berhasil pasang adsense ternyata 4 tahun baru bisa cair. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe itulah terkadang emang kadang susah kadang juga mudah, tinggal mengkonsisten gajiannya itu biar bisa tiap bulan hhe

      Hapus
  11. Kalo nanti udah tertarik pasang Google adsens, aku jadi tau apa yg harus disiapin 😁. Sebenernya semua udah ada sih, tapi memang blm tertarik pake adsens. Masih menjadikan blog sebagai tempat nyalurin hobi nulis dan share pengalaman, blm untuk cari duit 😁. Tx sharingnya mas👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh semoga dilain kesempatan sudah ada kemauannya ya untuk pasang adsense, karena hasilnya lumayan banget loh!

      Hapus
  12. Bersyukur blog saya udah ada semuanya. Terimakasih sudah berbagi 👍

    BalasHapus
  13. Ternyata ada halaman wajibnya to kalau mau pengajuan ke adsense. Untuk halaman about dan contact mungkin mudah dipahami ya, tapi dislaimer dan privacy policy ini saya kudu perdalam lagi nih tetntang isi dan bagaimana seluk beluknya. Terima kasih sharingnya, btw sangat bermanfaat untuk saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, untuk sebagai verifikasi saja sih kalau pendapat dari saya agar google juga bisa percaya bahwa blog yang kita kelola memang aman untuk dikunjungi..

      Hapus
  14. Wah, terima kasih atas tulisan ini. Baru tahu saya kalau ada empat syarat tersebut. Berarti saya kudu ngoprek blog lagi nih.

    BalasHapus
  15. Ooo jadi kalau mau pengajuan adsens harus ada 4 hal tersebut y? Aku soalnya bertkali2 mencoba mengajukan google ads selalu di tolak terus. Mungkin ada yg kurang dari ke4 hal di atas ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, bisa jadi referensi ya untuk pengajuan blognya ke google adsense ;D

      Hapus
  16. Ah gitu... aku baru tau. Kirain aku asal blog ramai. DA PA oke aja. Thanks infonya, Mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum tentu juga blog yang ramai bisa diterima google adsense, kalau konten yang disajikan tidak sesuai atau ada pelanggaran pada kebijakan yang dibuat adsense juga bisa ditolak

      Hapus
  17. Pantes saja saat mengajukan ada aku selalu di tolak, ternyata ada salah satu dari di atas yang belum saya terapkan di halaman blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe bisa jadi pembelajaran ya kak dan coba ajukan lagi :D

      Hapus
  18. Oh iya, saya jadi ingat di kelas ngeblog pernah diajarkan 4 ini sebagai yang utama dan pertama. Saya malah lupa dan saat bikin blog baru ya bikin saja. Aduh!
    Terima kasih ya sudah diingetin untuk yang penting gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahhh hal itu bisa jadi solusi agar blog bisa diterima adsense lebih cepat dari biasanya..

      Hapus
  19. Selain bisa jadi syarat pengajuan adsense, keberadaan 4 poin di atas ini juga bisa bantu blog jadi nampak profesional sih ya. Bisa jadi lahan branding blog juga kan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yapps, dicoba saja langsung dan rasakan sensasinya hhe

      Hapus
  20. Makasih insightnya mas. Saya juga mau mendaftarkan salah satu akun blog saya di adsense, tapi masih bingung mau bagaimana. Ternyata menemukan artikel ini. ❤️

    BalasHapus
  21. Well noted. Mesti disimpan link artikel ini, untuk saya mengajukan Google Adsense blog nanti. Thanks for sharing:)

    BalasHapus
  22. Dulu banget waktu awal bikin blog, karena kepengen adsense, aku udah bikin 4 halaman ini. Eh, trus adsense ditolak. Tapi 4 halaman ini aku pertahanin ada di blogku. Karena emang ada manfaatnya juga sih terutama bagi orang yang mau ngajak kita kerja sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah, semoga bisa diterima yaa pengajuannya..

      Hapus
  23. Ternyata ini yah, aku kira cuma dilihat dari banyaknya konten aja. hehe.. Terima kasih 'maukasiinfo'.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe hati-hati juga konten yang melanggar kebijakan adsense juga bisa jadi penyebab blog ditolak pengajuannya

      Hapus
  24. Meski terkesan sepele, tapi itu memang betul sekali bisa menambah nilai juga dari google. Namun, ada juga yang tidak memakai keempat page tersebut, diterima juga sm google adsense. dulu saya mengalami itu, Tentunya ada penguatan lain, salah satunya di konten dan kategori yang kita build.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah terkadang memang, hal yang sering kita abaikan malah jadi penyebab utama kenapa blog yang kita ajukan selalu ditolak...

      Hapus
  25. itu kalau misalkan ada yang terdetect plagiarism sama gambar yang kita posting di blog, apa gambarnya mau ga mau harus diganti ya? atau hanya menyertakan sumber saja. --- dila bahar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung kebijakan dari pemilik gambarnya kak..

      Hapus
  26. Aku nih kak udah lama banget mau daftar edsense cuma masuh ragu.. karena takutnya orang terganggu baca blog ku karena ada iklannya walaupun memang menghasilkan utk aku..tapi aku ingin sih pembaca biar nyaman gitu bacanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa diatur kok untuk peletakan iklannya, jadi gak akan mengganggu. Karena semua iklan yang tayang sepenuhnya bisa kita kontrol untuk tata letaknya jadi aman deh

      Hapus
  27. Informasinya keren nih, kebetulan juga sedang berjuang untuk bisa keterima google adsense lagi setelah sekian lama. Saya izin bookmark

    BalasHapus
  28. wah pas banget niy kak kebetulan saya mau mengajukan adsense untuk blog baru saya, thanks kak informasinya, useful banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, semoga blog yang diajukan bisa diterima oleh tim google adsensenya yaa!

      Hapus
  29. alhamdulilah blog ku sudah adsenses, hasilnya memang masih sedikit tapi aku percaya suatu saat nanti aku bisa punya penghasilan dari adsense aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah sudah diterima, tinggal perbanyak konten dan pengunjung biar cpc klik adsensenya bisa lebih besar hhe

      Hapus
  30. Kebetulan saya juga cari gimana sih cara bikin halaman privacy policy dkk, ternyata ada generatornya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada semuanya di google, apalagi jaman sudah serba canggih seperti ini pasti akan lebih mudah juga kepengurusan hal-hal lainnya.

      Hapus
  31. Blogku dulu sudah ada adsense, namun setelah pakai domain sendiri, adsense tidak muncul, bahkan mendaftarkan ulang kok ya ditolak berkali-kali. Aku sendiri gak tau kenapa. Maksudku lokasi salahnya dimana itu gak nemu. Mungkin ada saran. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu harus didaftarkan lagi untuk domain barunya, karena adsense itu nempelnya di domain. Jadi apabila domain ada -perubaham maka domain yang baru harus didaftarkan juga.

      Hapus
  32. Nah itu mas, aku udah daftarin yang terbaru, namun diinfo tidak di approv karena tidak sesuai dengan kebijakan adsense. Pdahal ya sama aja kontennya. Huhuhu.

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama